7 Cara Menghemat Baterai Xiaomi untuk Semua Tipe HP Xiaomi

0

Baterai menjadi salah satu bagian ponsel cerdas yang perlu dirawat dengan baik, apapun itu mereknya tak terkecuali smartphone Xiaomi. Dengan baterai yang selalu terjaga, membuatmu bisa dengan mudah mengoperasikannya tanpa terganggu masalah ponsel yang drop atau kehabisan baterai.

 

Beberapa merek Xioami memang diklaim hemat baterai, namun tetap saja semua bergantung kepada pemiliknya. Jika tak mampu menjaganya, maka smartphone pun menjadi lebih mudah habis bahkan bukan tidak mungkin bisa sampai rusak.

 

Berbagai Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Untuk itu diperlukan, tindakan yang tepat untuk membuat baterai ponsel Xiaomi tidak terlalu boros sehingga anda bisa menggunakan ponselnya dalam waktu yang lebih lama. Apa saja yang harus anda lakukan? Berikut adalah penjelasannya : .

 

Jangan Gunakan Cahaya yang Terlalu Terang

Salah satu meminimalisir baterai Xiaomi boros adalah dengan mengatur cahaya layar yang tidak terlalu terang. Semakin terang cahayanya, maka semakin membuat konsumsi baterai semakin boros. Fitur ini dapat dengan mudah kamu atur langsung melalui bar notifikasi yang berada di bagian atas ponsel.

 

Hidupkan Mode Hemat Daya

Xiaomi memiliki fitur khusus yang bisa kamu manfaatkan guna menghemat konsumsi baterai, fitur tersebut bernama mode hemat daya. Fitur ini akan membuat aktivitas aplikasi di latar belakang dibatasi oleh MIUI. Adapun cara mengaktif mode hemat baterai Xiaomi adalah sebagai berikut :

  • Buka pengaturan
  • Pilih baterai dan performa
  • Kemudian pilih ‘kelola penggunaan baterai & apl’
  • Selanjutnya silakan pilih ‘kelola penggunaan baterai apl’
  • Terakhir pilih ‘hidup’ atau ‘ekstrim’ untuk menghemat daya baterai smartphone Xiaomi yang kamu miliki.

 

Menonaktifkan atau Memperkecil Suara

Selain cahaya, suara yang terlalu kencang juga menjadi penyebab baterai Xiaomi cepat habis dan panas. Jika suara begitu penting dan harus aktif di hp kamu, alternatifnya kamu bisa mengaktifkan mode getar. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendengarnya semisal ada orang lain yang menghubungi kamu melalui telepon.

 

Membersihkan File Sampah

Cara menghemat baterai Xiaomi berikutnya adalah dengan membersihkan file-file sampah yang sudah tidak diperlukan. Bukan hanya membuat konsumsi baterai jadi boros, file sampah ini juga membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Cara membersihkan file sampah di smartphone Xiaomi adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu pengaturan.
  • Pilih aplikasi keamanan.
  • Selanjutnya, pilih menu ‘pembersih’ atau ‘cleaner’
  • Tekan tombol scan dan tunggu hingga proses pembersihan selesai.

 

Menggunakan Fitur Auto Close Aplikasi

Cara menghemat baterai hp Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur Auto Close. Fitur ini dapat mencegah penggunaan multitasking pada aplikasi dana juga dapat membersihkan cache apl, sehingga dapat menghemat penggunaan daya baterai. Fitur satu ini ada di berbagai versi MIUI dan bisa kamu aktifkan dengan cara sebagai berikut :

  • Buka aplikasi setelan pada ponsel Xiaomi kamu.
  • Kemudian pilih pengaturan yang letaknya ada di pojok kanan atas.
  • Pada bagian ‘bersihkan cache saat perangkat terkunci’, silakan atur waktu pengaktifannya sesuai dengan kebutuhan.

 

Menonaktifkan Fitur Location

Fitur GPS memang sangat berguna karena memberikan informasi lokasi sehingga anda tidak akan tersesat. Namun sayangnya, fitur ini membuat baterai Xiaomi menjadi boros. Untuk itulah, guna menghemat penggunaan baterai Xiaomi sebaiknya nonaktifkan fitur tersebut saat keadaan yang tidak terlalu penting.

 

Menghemat Penggunaan Data

Cara menghemat baterai Xiaomi berikutnya adalah dengan menghemat penggunaan data. Sebagaimana yang kita ketahui, terlalu banyak menggunakan data internet dapat membuat konsumsi baterai semakin boros. Di hp Xiaomi, kamu bisa mengaktifkan mode penghemat data dengan cara sebagai berikut :

  • Buka aplikasi keamanan terlebih dahulu.
  • Pilih ‘penggunaan dara’
  • Selanjutnya, pilih ‘batasi penggunaan data’ dan centang aplikasi yang jarang digunakan.

 

Tidak sulit bukan? Selain keenam cara tersebut, yang tidak kalah pentingnya adalah kamu wajib menggunakan baterai dan charger yang asli dari Xiaomi dan bergaransi resmi. Dari segi kualitas tentu jauh lebih baik daripada yang kualitas distributor.

 

Charger asli yang berkualitas tentu saja dapat memperpanjang umur baterai Xiaomi kamu. Jangan sekali-kali gunakan yang abal-abal karena hal itu bisa memperburuk kondisi baterai. Demikian penjelasan mengenai cara menghemat baterai Xiaomi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here